Selamat datang di Toko Buku Aswaja. Kami bantu Anda untuk mendapatkan buku-buku Islam berpaham Ahlussunnah wal Jama'ah. Silakan hubungi sms center kami. Kami akan melayani Anda dengan senang hati.

Sabtu, 25 April 2015

FIQIH SYAFI'I SISTIMATIS (3 JILID LENGKAP)

Terjemah Kitab Al Fiqh Al Manhaji

Penulis: Dr. Mustafa al Khin, Dr. Mustafa al Bugha, dan Ali Asy Syirbaji
Penerbit: CV. Asy Syifa Semarang
Harga: Rp 130.000.-

Sinopsis:

Sesungguhnya sebaik-baik kesibukan manusia ialah kesibukan dalam upaya mengetahui hukum halal dan haram, dan mengenal mana yang benar dan mana yang salah. Dan Ilmu Fiqih inilah ilmu yang bertugas menerangkan hal-hal tersebut.

Dan kiranya, banyak sudah para ulama terdahulu yang telah mengarang kitab-kitab tentang ilmu ini, yang hampir tiada terhitung jumlahnya. Dan tentu saja, masing-masing dari pengarang yang terhormat itu telah menyadari adanya lowongan, yang oleh agama, mereka diwajibkan untuk mengisinya, dan juga adanya hajat yang wajib mereka penuhi sedapat mungkin. Bagi pengurai, dia rasakan adanya hajat untuk menguraikan. Dan bagi peringkas, dia rasakan adanya hajat untuk meringkas. Ada yang menggunakan nazham, dan ada pula natsar. Ada yang membahas masalah-masalah yang prinsipil berikut masalah-masalah furu'iyah yang timbul daripadanya, dan ada pula yang hanya menerangkan masalah-masalah prinsipil saja, tanpa menjelaskan furu'-furu'nya. Dengan karangan-karangan tersebut, semuanya ingin memenuhi kekosongan yang mesti diisi, serta menutupi lowongan dalam perpustakaan Islam yang memang wajib ditutup. Semoga Allah Swt meridhai mereka atas jasa masing-masing, dan mencatat amal mereka sebagai shadaqah jariyah dan ilmu yang bermanfaat, yang tiada terputus pahalanya sampai hari kiamat.

Kami memandang perlu adanya serial Fiqih yang menerangkan tentang masalah-masalah prinsipil, disertai dalil-dalil dari al Kitabul Karim dan as Sunnah al Muthahharah, dan disertai pula penjelasan tentang Hikmat Tasyri' semampu pikiran kami, dengan uraian yang mudah dan diperbanyak catatan-catatan yang menjelaskan masalah-masalah yang ada kaitannya dengan prinsip-prinsip tersebut.

Dalam pada itu, kami berkeyakinan, bahwa kami belum mencapai tingkatan tokoh-tokoh Fiqih kita yang terdahulu itu. Kami merasa, bahwasanya adalah kewajiban kami untuk menghargai mereka. Maka, kami hanya bisa memohon pertolongan kepada Allah, lalu semua itu kami laksanakan semampu kami, dengan mempersilakan siapa saja yang mempunyai kemampuan benar-benar untuk melengkapi mana-mana yang belum lengkap, dan memperbaiki mana-mana yang keliru, serta melempangkan mana-mana yang bengkok. Karena kami tidak mengaku --dan tak mungkin mengaku-- bahwa kami telah mencapai tujuan yang terjauh, sekalipun kami telah berusaha maksimal.

Dan inilah yang dapat kami sajikan, yaitu Seri Pertama dari Serial Fiqih ini, berkenaan dengan masalah Thaharah dan Shalat, yang memang wajib diketahui oleh setiap muslim. Dan Serial Fiqih ini kami beri nama al Fiqh al Manhaji (Fiqih Sistematis) menurut madzhab Syafi'i.

Bagi saudara-saudara yang menginginkan karya terbaik --bukan sekedar ingin menjatuhkan dan mencari-cari kesalahan-- kiranya dapat menunjukkan kepada kami apa yang masih terlewat dari kami dalam menuju tujuan tersebut di atas.

Ya Allah, jadikanlah niat dan amal kami ini ikhlas, berilah kami taufik kepada apa yang Engkau sukai dan ridhai, dan jadikanlah karya kami ini bermanfaat bagi kaum muslimin, dan tunjukilah kami kepada jalan yang lurus.

Para Pengarang

Catatan: Ini adalah kata pengantar pada Jilid Pertama.    

Jilid 1 berisi Bab Thaharah dan Shalat
Jilid 2 berisi Bab Zakat, Haji dan Umrah
Jilid 3& 4 berisi Bab Hukum-hukum Sumpah dan Nadzar, Binatang Buruan dan Sembelihan, Aqiqah, Makanan dan Minuman yang Halal dan Haram, Pakaian dan Perhiasan, Hukum-hukum Kaffarat, dan Hukum-hukum Rumah Tangga.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 . Toko Buku ASWAJA . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates