Selamat datang di Toko Buku Aswaja. Kami bantu Anda untuk mendapatkan buku-buku Islam berpaham Ahlussunnah wal Jama'ah. Silakan hubungi sms center kami. Kami akan melayani Anda dengan senang hati.

Kamis, 24 Maret 2016

TATA BAHASA SUFI

Mengungkap Spiritualitas Matan Jurumiyah

Penulis: H. Abdul Aziz Sukarnawadi, MA
Penerbit: BPPNW Mataram
Harga: Rp 27.500.-

Sinopsis:

Dalam rangka menekuni dan mendalami tata bahasa Arab (ilmu nahwu), hampir semua perguruan Islam dan pondok pesantren di tanah air maupun di berbagai penjuru dunia telah menjadikan kitab Matan Jurumiyah karya Imam Sinhaji sebagai buku panduan paling dasar.

Puluhan kitab yang telah men-syarah (menjelaskan) Matan Jurumiyah pun dipelajari dan dikhatamkan berkali-kali. Namun yang jarang disadari komunitas santri maupun kiai adalah Matan Jurumiyah tidak hanya mengajarkan kaidah-kaidah dasar bahasa Arab saja, namun juga menyirat nilai-nilai spirit yang patut diluncurkan dan dihayati dalam-dalam, demi mencetak generasi yang tidak hanya ahli bahasa Arab, tapi juga ahli tasawuf dan akhlak sebagai bahasa hati dan ruh.

Dan yang aneh tapi nyata adalah kata ajurrum sendiri dalam bahasa Berber berarti al-faqir as-sufi (sufi jelata), dengan demikian maka kitab Matn al-Jurumiyyah dapat juga diberi nama lain, yakni Matn as-Sufiyyah.

Konon dikisahkan bahwa Imam as-Sinhaji ra seusai menulis Matan Jurumiyah-nya, beliau membuangnya ke laut sambil berdoa: "Ya Allah, bila kitab ini aku tulis dengan ikhlas karena-Mu, maka jangan basahkan ia", dan ternyata kitab itu tetap kering meskipun lama berenang di lautan.

Diriwayatkan pula oleh Syaikh al-Kafrawi bahwasanya Imam as-Sinhaji ra senantiasa menghadap kiblat selama menulis Matan Jurumiyah-nya.

Walhasil, melalui buku ini akan terkupaslah nilai-nila tasawuf yang dikandung Matan Jurumiyah tersebut, yang telah diungkap oleh Imam Ibnu Ajibah al-Hasani dengan syarah-nya yang diberi nama al-Futuhat al-Quddusiyyah, dan selanjutnya disaring oleh Syaikh Abdul Qadir bin Ahmad al-Kuhani ra dalam ringkasannya yang berjudul Munyatul Faqir al-Mutajarrid wa Siratul Murid al-Mutafarrid.

Dua kitab di atas mungkin sudah diterjemahkan sebelumnya ke dalam bahasa Indonesia, dan mungkin juga belum pernah dikenal ataupun didengar namanya. Apapun kenyataannya, terjemahan yang diberi nama Tata Bahasa Sufi ini lebih cenderung kepada alih bahasa kontekstual yang berpihak kepada metode suluk kontemporer.

Di samping melakukan filterisasi seperlunya, penerjemah sebagai salah seorang pengamal tarekat, sedikit menambahkan beberapa racikan sufistik modern sehingga buku ini menjadi lebih segar untuk dihidangkan di masa kini. Tentu lebih sedap lagi buku ini dicerna oleh mereka yang mengerti dasar-dasar ilmu nahwu maupun prinsip-prinsip tarekat sufi di bawah tuntunan dan bimbingan seorang wali.

Selamat menjiwai. 

6 komentar :

Unknown mengatakan...

cara pesan online gmn?

Yusron mengatakan...

Mhn info kalau maupesan online..
Sukron

Unknown mengatakan...

belinya di mana>

Unknown mengatakan...

cara pesannya gimana ya?

Unknown mengatakan...

Info belinya min

Unknown mengatakan...

Cara belinya bagamana mas b
ro?

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 . Toko Buku ASWAJA . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates